Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Penting Membuat Instastories Jadi Keren dan Estetik

Membuat Instagram Stories untuk zaman sekarang mungkin adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh seseorang. Banyak dari kita menggunakan  instastories atau snapgram untuk menyimpan dan membagikan moment mulai dari hal sepele sampai yang penting sekalipun.

Semakin berkembangnya sosial media terutama instagram membuat profesi-profesi baru mulai muncul ke permukaan salah satunya adalah Content Creator / Selebgram.

Banyak dari content creator memiliki konten yang sangat berkualitas pada feed instagramnya, tidak hanya disitu mereka juga membuat konten instagram stories yang sangat keren dan aestethic.

Membuat konten instastories bagi kreator termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena hal tersebut berguna untuk membangun sebuah interaksi aktif dengan followers. Jika kamu ingin menjadi selebgram atau Content Creator di instagram kamu wajib memerhatikan hal ini.

Lalu bagaimana cara membuat Instastories yang estetik dan keren yang bisa mengundang orang-orang untuk mem-follow kita? mari simak penjelasan berikut.

Cara membuat Instastories

Pertama kamu harus mengetahui cara membuat instastories, tapi saya yakin kamu pasti 100% sudah sangat paham akan hal ini, tetapi tidak ada salahnya untuk me-refresh ulang sebelum masuk ke materi yang lebih dalam.

Membuat Instastories sangatlah mudah, kamu hanya tinggal klik/tap pada foto mu (seperti yang ditujukan pada foto pertama), disitu akan terbuka kamera. Kamu bisa mengambil foto atau mengusap jari keatas pada layar untuk memilih foto dari galeri mu.

Setelah kamu mengambil atau memilih foto, kamu bisa mengeditnya supaya lebih menarik. kamu bisa menambahkan filter yang berbeda dengan cara mengusap jari ke kanan dan kiri pada layar.

Pada bagian atas kamu bisa memakai fitur dasar instastories dengan cara mengklik beberapa icon yang tersedia di atas layarseperti untuk menambahkan teks, menggambar sesuatu, atau menambahkan stiker.

Berkreasi sekreatif mungkin dengan story mu. Setelah selesai ada 3 button yang bisa kamu gunakan, yaitu "Download Stories",  "Cerita Anda" dan "Teman Dekat". Jika kamu ingin semua orang bisa melihat stories mu cukup klik "Cerita Anda" untuk mempublikasikannya.

foto untuk instagram

Mengapa Kamu Harus Menggunakan Instagram Stories

Seperi yang kita tau instagram selalu mengupdate alogoritma mereka dan post yang kamu unggah akan jarang muncul ke beranda orang karena perubahan tersebut. solusinya yang harus digunakan adalah mengghunakan fitur Instagram Stories sebagai tempat dimana pengikut kamu dapat melihatnya.

Foto yang diposting ke beranda akan hilang tenggelam, sementara stories akan selalu berada di atas halaman. Dan kecenderungan inilah yang membuat stories mu akan bekerja untuk perkembangan akun.

Manfaat lain dari Instagram Stories adalah:
  • Terhubung dengan pengikut kamu
  • Sebagai alat interaksi yang aktif
  • Sebagai alat pemberitahuan postingan terbaru 
  • Memberitahu pengikut tentang hidup kamu
  • Sebagai tempat behind the scenes projek mu
  • Dan masih banyak lagi

Tips Membuat Instastories Jadi Keren & Aestethic

1. Memanfaatkan Fitur Instagram

fitur instagram
fitur instagram stories

Tips pertama tentu dengan memanfaatkan fitur asli dari aplikasi instagram. Fitur instagram kini tidak bisa dianggap sebelah mata, karena instagram telah mengembangkan dan memperbaiki alat-alatnya, mulai dari kamera, tools edit (kuas, warna, sticker, dll), filter hingga fitur keren lainnya.

Selain itu jika kamu ingin berinteraksi dengan pengikutmu kamu bisa memasang stiker, gambar ataupun filter pertanyaan untuk memancing followers memberikan respon lebih kepada stories mu.

Dari situ kamu bisa membuat instagram stories yang keren dan estetik hanya dengan memaksimalkan fitur instagram saja. Kuncinya kamu harus menjadi kreatif.

2. Menentukan Konsep

Menentukan sebuah konsep tidak hanya untuk membuat postingan saja, membuat konsep yang unik untuk instastories juga diperlukan akan hal ini.

Jangan memposting instasories yang tidak memiliki nilai tau yang biasa-biasa aja. Buat stories mu semenarik mungkin dengan menampilan foto yang berkualitas, entah itu dari modelnya, angle, ataupun editing warnanya.

Hal tersebut dapat membangun sebuah nilai dari akun. Jadi followers mu akan merasa betah "nongkrongin" instastories mu.
Gabisa buat konsep? jangan risau, cobain aja tektik ATM (Amati Tiru Modifikasi) dari akun-akun yang konten nya sama dengan kamu. Intinya bikin konsep jangn ribet-ribet yang penting mulai aja dulu.

3. Buatlah Story Telling


pemberian story telling

Story telling singkatnya adalah kegiatan menyampaikan cerita ke orang lain. Dalam kasus instastories, kamu bisa menambah story telling sebagai "bumbu".

Teknik ini berfungsi untuk meningkatkan interest dan interaksi akun kepada pengikut. Saat ini fungsinya juga bisa dijadikan untuk meningkatkan jumlah followers karena akun mu dinilai sangat informatif.

Story telling pada instastories bisa berbagai macam bentuknya, bisa dalam satu slide atau beberapa slide tergantung bisa lewat tulisan ataupun video pendek itu semua tergantung kebutuhan dan kemampuan. 
Dan gambar diatas adalah satu contoh dari banyaknya story telling yang ada di instagram stories.

4. Gunakan Teknik Typography

typografi instagram
contoh teknik typography

Penggunaan font yang itu-itu aja mungkin ngebuat pembaca bosen dan ga mood buat baca stories mu. nah masalah ini bisa kamu selesaikan dengan ini. Membuat instastories mu lebih bernilai dan tentu berkualitas.
Tapi typography itu apasih? simplenya gini typografi itu seni memadukan huruf (font) atau tulisan supaya tertata rapih dan dapat dimengerti pembaca secara visual.

Menggunakan teknik ini sebetulnya tidak sesulit pengertiannya. Kamu hanya cukup berkreasi dengan jenis font, warna, simbol ataupun baris tulisan.

Terlihat juga dari contoh gambar diatas, pemberian font yang beragam dan tepat membuat gambar stories terasa lebih "premium" dari yang lain dan membuat si pemilik akun mempunya nilai lebih dalam kemampuan berfoto, seperti brodi @fuad.aliromadoni ini. 

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kamu eksplore lagi tentang ini, tatapi untuk awal kamu bisa mengikuti beberapa hal diatas terlebih dahulu. 

5. Unduh Aplikasi Instastries

Untuk cara termudahnya kamu bisa instal aplikasi pendukung untuk Instastories. Sejauh ini, ini adalah cara paling mudah yang bisa digunakan untuk membuat instastories yang berkualitas tinggi.

Ada beberapa aplikasi favorit paling disukai oleh creator dan selebgram yaitu :
  • Unfold
  • Insta Story
  • StoryArt
  • StoryLab
Untuk Pemula kamu bisa pakai Unfold aja terlebih dahulu. Disana kamu bisa bebas memilih template yang tersedia, entah itu yang gratis ataupun berbayar. Kamu hanya perlu mengedit dikit-dikit dan BOOM! Stories foto siap untuk di post.

6. Menggunakan Template UNIQ

Jika kamu sangat ingin instastories mu terlihat UNIK supaya berbeda dengan orang lain, kamu bisa membeli template di tempat-tempat seperti Etsy atau Creative market lainnya.

Ini mungkin agak menyebalkan karena harus mengeluarkan modal tapi disisi lain ini adalah sebuah bentuk investasi terhadap akun instagram mu loh. 

Kenapa? karena dengan menggunakan template premium kamu sudah banyak mendapatkan manfaat seperti template yang sangat unik, kemudahan dalam pemakaian, mendapat banyak pilihan template, mempersingkan waktu pengerjaan dan masih banyak lainnya.

Untuk itu sebelum "menginvestasikan" uang mu kesana, pilih saja template yang benar-benar kamu sukai dan yang cocok untuk mu atau brand mu atau kamu bisa membeli paket template yang tersedia di creative market.

7. Gunakan Video Instastories

Salah satu cara supaya instasories mu lebih menarik adalah dengan menggunakan video. Buatlah video yang berkualitas dengan cara edit terlebih dahulu. 

Sedikit bocoran nih, ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan biar video mukin kece :

  • Edit color grading video, sesuaikan lah warna klip video mu supaya enak dan nyaman untuk dilihat oleh mata.
  • Perhatikan tempo musik dan klip video, pastikan potongan-potongan videomu berganti di sejalan dengan tempo atau beat musiknya. supaya trasnsisi dari potongan videomu harmonis dengan backsound yang digunakan.
Untuk aplikasi edit videonya kamu bisa gunakan VN video, Inshot atau instagram Reels yang ada di instgram. 

8. Ganti Hape Android Ke IOS (iPhone)

Ganti dari device android ke iphone

Aplikasi instagram memang sangat pro ke iphone ya mungkin ini sedikit diskriminatif tapi itulah yang terjadi. Kenapa? karena instagram pertama kali muncul di device iPhone lalu disusul oleh android.

Device iPhone sangat direkomendasikan jika kamu ingin serius menjadi creator di instagram karena kualitas postingan dan kamera stories instagramnya gada lawan.

Satu-satunya android yang hampir setara dengan iPhone untuk instagstoriesnya adalah device Pixel milik google tapi haranya masih sangat mahal.

Tapi bukannya iPhone juga mahal? ya benar, tapi kamu bisa mengakalinya dengan membeli/ menggunakan iPhone generasi lama, bisa iphone 6 atau yang lainnya juga. 

Walau dalam teknologi iPhone generasi lama tertinggal tapi untuk kualitas post instastoriesnya hampir sama semua (sama-sama bagus) dan tidak pecah.

Dan itulah 8 Tips Penting Membuat Instastory Jadi Keren dan Estetik supaya kamu makin terlihar aestetic dan profesional dan terlebih bisa untuk menarik perhatian orang-orang untuk memfollow kamu. Sekian dari penulis jangan lupa komen jika ada pertanyaan, dan share ini ke temen-temen kamu jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Post a Comment for "8 Tips Penting Membuat Instastories Jadi Keren dan Estetik"