Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Aplikasi Pembuat Video Editor Online Terbaik di 2022


Banyak orang menggunakan aplikasi berat dalam proses pembuatan dan editing video mereka entah itu untuk membuat karya ataupun video untuk iklan pendek, tetapi banyak orang juga yang malas mendownload dan menginstal aplikasi tersebut, ditambah jika spesifikasi dari device mereka yang seadanya.

Maka dari itu, ada opsi yang tepat dari masalah tersebut, yaitu menggunakan video maker online yang tersedia di internet. Video maker online ini memiliki fungsi yang sama yaitu membuat dan mengedit video. Bedanya platform ini bisa digunakan di web browser tanpa pengunduhan atau penginstalan di device kamu.

Untuk kamu yang membuatnya untuk keperluan iklan produk, hal ini sangat tepat karena studi menunjukkan video menjadi strategi pemasaran yang kuat, dengan 93% pemasar mengaku mendapatkan customer baru dengan bantuan video. 79% konsumen juga mengatakan bahwa video merek telah mendorong mereka untuk membeli perangkat lunak atau aplikasi.

Dengan kata lain, video adalah strategi pemasaran yang penting, dan jika kamu belum membuatnya maka sekaranglah saatnya. Mempunyai video promosi membantu mengubah pengunjung mu menjadi pelanggan.

Tetapi kamu pasti mempunyai masalah dalam membuat video. Mulai dari membeli perangkat lunak editing yang mahal sampai menyewa video editor yang tidak murah.

Kabar baiknya, Video Maker online datang untuk menyelamat mu. Platform video maker tersebut mudah digunakan bahkan pengguna pemula dapat menggunakannya tanpa banyak pengetahuan tentang desain untuk membuat video yang indah dan menarik.

Dan disinilah Artikel ini dibuat. Di sini, penulis akan memberi tahu kamu tentang beberapa alat video online terbaik untuk membantu kamu dalam membuat video dengan mudah.

Aplikasi Pembuat Video Editing Online

1. Wave.video

Aplikasi web pembuat video online


Wave.video adalah Aplikasi berbasis website untuk membuat video secara online yang terkenal dengan kemudahan dalam penggunaannya. Tidak hanya mudah tetapi juga sangat fungsional dan memiliki berbagai tools yang akan kamu butuhkan untuk membuat video pendek.

Salah satu fitur terbaik dari platform pembuat video ini yaitu ketersediaan stok rekaman. Bahkan jika kamu tidak memiliki cukup video sendiri ataupun tidak punya sama sekali, Wave.video telah menyediakan lebih dari 200 juta stok foto dan video serta klip audio didalam perpustakaan rekamannya.

Wave.video dilengkapi dengan beberapa fitur inovatif seperti efek animasi teks dan teks otomatis. Tidak hanya itu, platform ini juga memiliki 30+ jenis format video, memungkinkan penggunanya untuk membuat video untuk berbagai ke platform lainnya, seperti saluran media sosial, dengan mudah.

Untuk mencobanya kamu bisa menggunakannya secara gratis tetapi video yang akan di ekspor menjadi file video akan dibatasi. Namun, kamu dapat membeli versi berbayar hanya dengan $39/bulan atau sekitar 500ribuan/bulan.


2. Animoto

pembuat video animoto


Platform pembuat video gratis dan mudah digunakan lainnya adalah Animoto. Cocok untuk kamu yang ingin memasarkan produk dengan konten video pendek. Platform pembuat video ini memungkinkan kamu membuat tidak hanya video saja tetapi juga tayangan slide, presentasi, tour virtual, dan materi pemasaran lainnya.

Animoto menawarkan stok perpustakaan musik dan aset Cerita. Ini berarti kamu akan membutuhkan konten atau materi asli dari sumber lain atau original untuk mengisi ketidak sesusaian visual jika ada. Animoto pun memiliki perpustakaan template yang sangat luas dan kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Fitur dasar pada Animoto bisa digunakan secara gratis, tetapi, untuk versi gratisnya akan dilengkapi dengan watermark Animoto pada setiap projekmu. Untuk menghapusnya, kamu dapat meningkatkan ke akun profesional dan tim yang masing-masing bisa kamu mulai dari harga $15/bulan (200ribuan/bulan) dan $39/bulan (500ribuan/bulan).


3. Biteable

aplikasi pembuat video biteable


Sebagai salah satu platform pembuat video termudah di dunia, Biteable memungkinkan kamu membuat video dalam hitungan menit. Kamu bahkan dapat membuatnya saat sedang istirahat makan siang tanpa  harus memiliki pengetahuan atau pengalaman yang sulit dibidang editing video. Biteable perpustakaan sekitar 800.000 stok gambar dan animasi, membuat video unik dan berkualitas pun menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Satu-satunya kekurangan dari Biteable adalah aspek kustomisasi. Disini kamu memiliki pilihan warna yang terbatas dan pemilihan teks yang juga minim dibandingkan dengan platform pembuat video lain di artikel ini.

Selain itu, Biteable cukup mudah digunakan, dan kamu dapat membuat video yang menarik dalam waktu 3 menit. Selain format video, kamu juga dapat membuat lebih dari 40 jenis media yang berbeda, termasuk animasi, presentasi penjelasan, iklan dan bahkan demo produk.

Biteable memiliki dua paket harga yaitu Gratis dan Tahunan. Paket gratis memberi kamu 5 video gratis yang hanya dapat kamu upload ke YouTube dan Facebook. Untuk program tahunannya kamu tidak memiliki kebabasan untuk itu dan pada projek yang kamu ekspor tidak memiliki logo atau watermark dari Biteable. Untuk harga paket tahunannya, kamu mesti membayar $267 setahun atau sekitar 3 jtan /tahunnya.

WOW cukup mahal ya. Untuk fitur dan kemudahaan dalam penggunaan serta stok asset yang sangat banyak, mungkin harga segitu akan worth it lah ya untuk value of money nya, dan pasti akan sangat membantu juga.


4. ClipChamp

Aplikasi pembuat video clipchamp


ClipChamp adalah platform yang telah dipercaya oleh beberapa merk besar dan terkenal seperti Microsoft, Google dan Dell, ClipChamp adalah pembuat video online dengan hampir 8 juta pelanggan. Platform ini mempunyai template hingga rekaman stok dan perpustakaan musik yang luas. ClipChamp adalah sumber yang sempurna untuk semua hal tentang video. Mungkin saja jika kamu sudah memahami platform ini, kamu tidak akan berpaling ke platform lainnya.

Dalam hal fitur, ClipChamp memiliki semua yang kamu butuhkan untuk membuat video yang sempurna, menarik, dan menarik seperti fitur kompresi, konversi format, dan rekam video. Tetapi, Untuk pengguna gratisan fiturnya akan dibatasi dan kamu harus membeli paket premium seharga $9 (100ribuan) dan $19 (200ribuan)/per bulan untuk membuka banyak sumber daya yang lebih lengkap, termasuk stok perpustakaan.


5. FlexClip

aplikasi pembuat video online FlexClip


FlexClip adalah video maker sederhana namun powerfull yang memungkinkan kamu membuat video dalam hitungan menit. Dari video liburan pribadi hingga iklan pemasaran, tools online FlexClip memungkinkan pembuatan video dengan mudah walaupun kamu bukanlah seorang profesional.

Salah satu kelebihan terbaik adalah platform ini sepenuhnya gratis untuk digunakan. Ini juga tersedia di dalam browser saja dan tidak perlu mengunduhnya untuk menggunakan sebagai software. Hal ini sangat menarik, karena kamu tidak perlu mendownload dan menginstalnya jadi memori dari device kamu akan lebih hemat.

Dalam hal fitur, FlexClip mendukung berbagai template yaitu termasuk teks, overlay, klip video, dan masih banyak lagi. kamu juga mendapatkan akses ke perpustakaan stoknya, jadi jika kamu tidak mempunyai rekaman original, kamu bisa menggunakan stok klip yang ada diperpustakaannya.


6. Adobe Spark

aplikasi pembuat video online adobe spark


Terakhir, ada Adobe Spark sebagai salah satu pembuat video online gratis. Adobe adalah solusi all in one untuk semua kebutuhan editing video dengan berbagai tools untuk membantu mu membuat video yang menarik. Namun, videonya hanya bisa berdurasi pendek, kurang lebih 30 detik saja, jadi jika kamu membutuhkan animasi yang lebih panjang, kamu harus memilih platform lain yang ada diartkel ini.

Selain itu, dalam hal rekaman stok, pengguna Adobe Spark memiliki akses ke Adobe Stock yaitu perpustakaan gambar bebas royalti yang ditawarkan oleh perusahaan. Tetapi, untuk foto-foto yang kamu ambil disana akan memiliki water mark nya.

Untuk kustomisasi video, Adobe Spark bisa jadi pilihan terbaik karena kamu dapat menyesuaikan video sesuai dengan gaya mu dengan fitur antarmuka pengguna yang mudah.


Beberapa platform video maker diatas hanyalah 6 dari banyaknya platform video maker yang dirangkum sedemikian rupa supaya kamu dapat dengan mudah memilih platform video maker mana yang cocok denganmu. Jika sudah dicoba dan cocok kamu sudah bisa mulai membuat karyamu sendiri.

Post a Comment for "6 Aplikasi Pembuat Video Editor Online Terbaik di 2022"