Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mendapatkan Uang Dari Website dan Blog

mendapat uang dari website dan blog

Banyak sekali cara untuk cari penghasilan tambahan di era digital saat ini dan bukan rahasia lagi bagi  generasi sekarang untuk bagaimana bisa mencari uang tambahan di era digital. Website dan blog adalah salah satu dari  banyaknya sumber uang di internet yang cukup menjanjikan untuk dicoba.

Pada artikel ini ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk bisa memulai menghasilkan uang dari website atau blog. Kamu juga bisa memilih lebih dari 1 opsi yang bisa kamu lakukan jika memang skill kamu mempuni dan waktumu bisa diatur supaya kamu bisa berhenti sejanak untuk menikmati hidup.

Sebelum kamu mulai, pertama kamu harus tau bahwa segala sesuatu itu tidak ada yang mudah dan instan termasuk bisa menghasilkan uang dari cara ini. Kamu memerluka dedikasi dan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai target yang kamu inginkan.

Supaya target kamu tercapai dan bisa mendapatkan hasil yang sesuai, kamu diharuskan untuk mendapatkan trafic (pengunjung) yang tinggi. karena trafic adalah hal yang sangat penting bagi website owner.

Ada 6 cara yang bisa dimanfaatkan saat ini untuk membangun pasif income ataupun sebagai pengasilan utama. Berikut selengkapnya :

Cara Mendapatkan Uang dari Website Atau Blog

1. Membangun Blog Atau Website Konten

website wordpress
sumber: pexels.com/@pixabay


Untuk kamu yang belum pandai berbicara didepan kamera dan tipikalnya suka menulis, membuat website atau blog adalah pilihan terbaik. Untuk yang mempunyai produk untuk dijual sangat direkomendasikan untuk membuat sebuah website dan jika kamu tidak punya produk tetapi suka menulis artikel kamu bisa memulainya dengan membuat blog. 

Membuat website dan blog sangatlah mudah apalagi di era digital saat ini, kamu bisa lihat tutorialnya di internet. Untuk garis besarnya saat membuat website kamu harus membeli domain sendiri, jika belum punya modal bisa menggunakan layanan gratis di wordpress dan blogger.

Adapun tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog seperti :
  • Pilih topik atau tema yang umum dan kamu gemari. Misalnya keuangan, kesehatan, hubungan, hobi & passion, atau pengembangan diri.
  • Buat konten artikel yang berkualitas. Konten artikel yang berkualitas di dalamnya ada unsur penting, bermanfaat, kreatif dan edukatif.
  • Bergabung dengan komunitas dan konten kreator lain.
  • Pelajari semua hal tentang SEO. Pelajari cara mengoptimasi blog dan memperbaiki peringkatnya di Google. 
Beberapa peluang menghasilkan uang dari Internet melalui blog:
  • Melakukan iklan berbayar atau adsanse
  • Mengadakan kursus online dan menjual materi pembelajarannya.
  • Mempromosikan produk afiliasi.

2. Membangun Toko Online

mendapatkan uang dari toko online
sumber: freepik.com/mokoland


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kamu mempunyai sebuah produk atau barang kamu bisa membangun toko online mu sendiri. Toko online saat ini sedang ramai digunakan oleh para seller untuk mendobrak omset mereka. Tak ada salahnya membuka toko online melalui blog. Untuk mempermudah pembuatan toko online tersebut kamu bisa menggunakan platform Wordpress dan WooCommerce.

Adapun contoh toko online yang cukup sukses adalah SkinnyMe Tea, Beardbrand, dan Ratio Coffee

Jika kamu tidak punya produk yg bisa dijual, cobalah menjual produk orang lain yang sudah kamu ketahui. Untuk membuka toko online diperlukan effort yang lebih keras, karena dibutuhkannya strategi penjualan dan marketing yang cukup matang untuk bisa sukses dibidang ini.

3. Bergabung di Program Afiliasi

program afiliasi
sumber: freepik.com/vectorjuice


Afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk. kamu akan mendapatkan imbalan berupa komisi untuk tiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya, revenue sharing alias berbagi pendapatan. 

Tugasnya adalah kamu merekomendasikan atau review produk-produk dari si penyelenggara program afiliasi melalui website atau blog kamu dan sertakan link afiliasinya. Ketika pengunjung membeli produk melalui link tersebut, kamu akan memperoleh komisi cuan dari internet.

Jadi afiliasi ini adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Karena, hampir semua program afiliasi memungkinkan kamu bergabung secara gratis

Untuk mendapatkan uang dari afiliasi, kamu perlu mendaftar sebuah program afiliasi terlebih dahulu. Jika diluar negeri, program yang populer adalah Amazon Affiliates. Jika di Indonesia, kamu bisa bergabung dengan beberapa platform yang menyediakan program afiliasi salah satunya yaitu Shopee Affiliates.

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih program afiliasi, yaitu :

  • Komisi yang menguntungkan.
  • Proses pembayaran tepat waktu.
  • Proses registrasi mudah dilakukan. 

4. Menjual Website

menjual website
sumber: freepik.com/rawpixel.com


Cara lain dari menghasilkan uang lewat internet adalah menjual website. Keuntungan yang diperoleh tergantung pada tipe dan kualitas website itu sendiri. Jumlah atau angka penjualan tergantung pada beberapa faktor, di antaranya adalah:

  • Umur website.
  • Jumlah traffic yang diterima website.
  • Jumlah keuntungan yang dibuat website.
  • Otoritas atau kepemilikan domain.
  • Kualitas dan performa hosting yang digunakan.
  • Diversifikasi pendapatan.
  • Kestabilan pendapatan yang diterima.
  • Perkembangan website.

Bisa dikatakan menjual website sama halnya dengan menjual rumah. Rumah yang punya nilai investasi tinggi dibangun, kemudian dijual dengan harga yang tinggi demi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

5. Menyewakan Space Papan Iklan

papan iklan web
sumber: freepik.com/stories


Penyewaan ruang atau space iklan tidak hanya berlaku di papan baliho pinggir jalan saja, ini juga berlaku di blog atau website. Biasanya penyewaan space iklan dilakukan oleh website atau blog yang sudah punya trafik tinggi. Jika pengunjung situs kamu terus bertambah, hal ini bisa jadi potensi besar untuk menghasilkan uang dari internet.

Penyedia jaringan iklan yang sangat populer di kalangan blogger dan pemilik website adalah google adsense. Untuk menggunakannya, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Jika diterima, iklan sudah bisa dipasang di situs mu.

Adapun jaringan iklan lain selain google adsense yaitu Ezoic dan Media yang akan mereview website atau blog yang didaftarkan. kamu bisa juga menggunakan kedua jaringan ini untuk mengoptimalkan revenue iklan.

Selain itu kamu juga bisa membuat konten berbayar atau menyewakan space iklan khusus kepada seseorang atau perusahaan yang kebetulan satu topik dengan websitemu. Perusahaan akan membayar kamu untuk menulis konten bersponsor "endors". Konten ini nantinya dipasang di situs kamu. Beberapa situs yang juga menerapkan metode ini adalah Buzzfeed dan Millo.

6. Membuka Kursus Online

kursus online
sumber: pexels.com/@vanessa-garcia


Cara selanjutanya adalah membuka kursus online lewat website. Jika kamu mempunyai keahlian di suatu bidang, tak ada salahnya untuk mencoba membuka kursus online. Kurus online saat ini sangat bisa diandalkan karena di era digital ini semua orang banyak menggunakan media online untuk media belajarnya.

Bentuk materi yang disampaikan bisa berupa tulisan, audio, video atau webinar (mentoring) yang bisa kamu tawarkan ke visitor kamu. Contoh BitDegree, dia adalah salah satu platform pembelajaran, menyediakan program untuk jadi instruktur atau pelatih di kursus online.

Program ini juga jadi peluang yang bagus karena kamu bisa menyalurkan kemampuan dan pengalaman ke ribuan orang yang ingin mempelajari hal baru. Jika semuanya telah siap, selanjutnya sering-sering lah berlatih public speaking dan cara mengajar atau membimbing seseorang supaya kelas yang kamu tawarkan lebih berkualitas dan kamu mendapat kepercayaan dari member.

7. Bisnis Jual Beli Website

Jual beli web
sumber: pexels.com


Bisnis ini umumnya sama seperti proses jual beli barang pada umumnya seperti beli diharga murah dan jual diharga mahal, yang membedakan adalah disini menjual asset digital berupa website ataupun blog. Cara ini memang membutuhkan modal di awal, tetapi untuk keuntungannya terhitung tinggi dan lebih cepat untuk mendapatkan cuannya dibanding dengan cara-cara sebelumnya.

Berbeda dengan cara nomer 4 sebelumnya yang hanya membuat web lalu di jual ke client dicara ini lebih menekankan membeli lalu menjualnya. Tidak sembarang web yang bisa kita beli lalu kita jual seenaknya, ada hal-hal yang perlu diperlukan supaya saat berbisnis ini web yang kita beli tidak jadi "boncos" karen membeli web yang jelek.

Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan :
  • Jumlah Trafik yang diperoleh website tesebut
  • Seberapa potensialnya website tersebut dimasa yang akan datang
  • Kualitas konten yang disajikan website
  • Prospek keberlanjutan perkembangan website
  • Seberapa profiteble dan stabilnya web tersebut

Adapun platform yang bisa kamu gunakan untuk mulai berbisnis ini salah satunya adalah flippa.com. Platform tersebut sudah banyak sekali yang menggukanya dan terpercaya, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk memberi data pribadimu saat registrasi. 


Itulah 7 cara mendapatkan uang dari website dan blog, mulai sekarang kamu bisa memulainya dengan modal minim bahkan tanpa modal sekalipun. Semoga cara-cara tersebut bisa membantumu menghasilkan uang tambahan di era digital saat ini ya. 

Jika ada yang membingkan atau mau nambahin, tulis saja di kolom komentar. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, terima kasih.








1 comment for "7 Cara Mendapatkan Uang Dari Website dan Blog"