Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Terbaik Mengamankan File di Windows 8 dan 8.1



Heloo bree  :D Kali ini saya akan memberikan trik mengamankan file, dan disini ada 3 Cara Terbaik Mengamankan file di windows 8 dan 8.1.


Mengatur keamanan sebuah file memang tergolong penting bagi kalangan orang, karena biasanya mereka  mempunyai file penting dan bersifat pribadi. File-file yang ada pada komputer kita pastinya ingin kita lindungi kan?.


Untuk itu kita perl mengamankan file-file tersebut dan ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengamankan file-file penting tersebut. Andapun bisa menambahkan khusus ataupun hanya menggunankan pengaman yang di sediakan oleh windows. Untuk Windows 8 ada 3 cara terbaik mengamankan file di windows 8 dan 8.1 silahkan simak artikel berikut.


1.Mengganti Kepemilikan File 

File-file yang ada pada komputer biasanya adalah kepemilikan dari Administrator dan hanya administratornya saja yang memiliki hak akses penuh untuk file-file tersebut, sedangkan untuk user lain mungkin hanya di beri hak untuk membaca saja tanpa bisa merubah isi dari file tersebut. Namun untuk menggati kepemilikan, bukan hanya admin saja melainkan kita sendiri juga bisa mengganti kepemilikan file tersebut dengan cara :


   1. Pilih file atau folder yang ingin kita ubah kepemilikannya.

   2. Klik Tab Share > Pilih Advanced security > pilih Change.




   3. Lalu pada jendela Select User Or Group di bagian Enter the Object name to                     Select silahkan ketikkan nama user yang ingin kita jadikan sebagai pemilik baru dari             file atau folder yang bersangkutan.

   4. Selanjutnya klik tombol Check Names untuk melakukan cek apaka input yang anda             masukan sudah benar?, pastikan sudah benar ya. Jika sudah klik tombol OK.


   5.  Jika pada saat anda klik Check Names yang muncul adalah pesan error, berarti anda           salah memasukkan nama user, sehingga anda harus memasukan user yang tepat.


   6. Dan Bila masih salah juga anda bisa melihat daftar user yang tersedia pada sistem              komputer anda, dengan cara klik tombol Advanced, di sebelah kiri bawah.

   7. Selanjutnya pada jendela yang baru pulih Find Now.

   8. Kemudian lihat bagian Search result dan cari user yang ingin kita tambahkan.

   9. Lalu pilih OK pada semua jendela untuk menyetujui pengaturan.



2.Dengan Memblokir user untuk mengakses File

Windows 8 memberikan layanan pengaturan pembatasan untuk mengatur file penting (pribadi), maka dari itu kita bisa bisa memblokit user-user tertentu agar tidak bisa lagi mengakses file atau folder yang kita inginkan, dengan itu file kita akan aman dan tetap terjaga. Untuk memblokir User anda harus melakukannya dengan cara :

   1. Pilih file atau folder yang ingin anda blokir aksesnya (diamankan).

   2. Klik tab share  >  pilih Advanced security.

   3. Setelah itu tombol Add pilih Select a principal.


   4. Pada bagian Enter the object name to select silahkan ketikan nama user yang ingin          anda blokir.Jika user yang anda masukan salah,ikuti langkah pada bagian sebelumnya.        Setelah itu klik OK.

   5. Selanjutnya anda klik menu dropdown pada bagian Type > pilih Deny.

   6. Klik tombol OK pada semua jendela yang ada dan jika ada jendela konfirmasi pilih Yes.

   7. Sekarang user yang telah anda daftarkan tadi tidak akan bisa mengakses file atau                folder yang telah anda blokir tadi dan jika user tersebut mencoba membuka file atau              folder tersebut nantinya akan keluar pesan peringatan bahwa file atau folder tersebut            tidak dapat di akses oleh user tersebut.


3. Mengubah User Permeission File

Selain mengubah kepemilikan dan memblokir file atau folder, anda juga bisa mengatur User permission terhadap sebuah file  atau folder, sehingga kita bisa menentukan apa saja yang dapat dilakukan oleh user lain pada file atau folder kita. Untuk mengaturnya lakukan dengan cara :

   1. Pilih file atau folder yang ingin kita ubah permission-nya.

   2. Klik tab share > pilih Advanced security.

   3. Klik dua kali (double klick) user yang ingin kita atur permission-nya.

   4. Lalu pada jendela Permission Entry, lihat bagian Basic Permissonsnya, lalu klik                Show advanced permissions.


   5. Setelah itu hilangkan tanda centang pada kotak ceklis untuk menghilangkan kontrol              tertentu pada user tersebut. Misalnya anda ingin mencegah hilangkan tanda ceklis                pada bagian Delete, dan sementara untuk mencegah user membuat folder baru,                  hilangkan tanda ceklis pada Create folders  dan begitu juga dengan pilihan-pilihan              kontrol lainnya.




Sedikit info, untuk pengaturan permision ini hanya berlaku terhadap file atau folder yang anda setting saja, sementara itu untuk file atau folder lain harus kita atur satu persatu.


Bagaimana? mudah bukan? Dengan 3 cara ini anda bisa mengamankan file file yang bersifat pribadi atau penting dari jangkaukan orang dan user lainnya. 

1 comment for "3 Cara Terbaik Mengamankan File di Windows 8 dan 8.1"