Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 KELEBIHAN WINDOWS 8 DIBANDING WINDOWS LAINNYA


Windows 8 adalah suatu sistem operasi yang terbaru dari microsoft, sistem operasi ini adalah sistem pembaruan dari windows sebelumnya, yaitu windows 7. Pembaharuan yang di lakukan oleh microsoft ini mencakup pada semua elemen yang ada pada windows, mulai dari tampilan yang lebih elegan, teknologi yang lebih di perbarui serta banyak lainnya. Beberapa keistimewaan yang ada pada Windows 8 di banding dengan windows sebelumnya yaitu :

  • Start Menu/Start Screen lebih bagus dan elegan.
Di bandingkan Start menu windows XP dan windows 7 yang tidak terlalu mencolok fiturnya. Di Windows 8 ini Start menunya telah di rubah secara total, dan memudahkan anda untuk mencari dan menyimpan icon aplikasi di satu start screen. Tak hanya itu, Start screen yang di sediakan oleh windows 8 terbilang bagus dan elegan.
  • Adanya tambahan Lock Screen.
Fitur Lock Screen yang di tambahkan oleh windows 8 ini, berfungsi mirip seperti screen server, dan lagi di windows 8 lebih enak dilihat karena memberikan informasi waktu dan cuaca setempat.
  • Adanya menu Crams.
Kegunaan Menu Crams yaitu yang mempermudah kita untuk melakukan akses cepat. Jika anda bingung apa itu Charms Bar,Charms Bar merupakan tampilan yang berada di sebelah sisi kanan, yang jika anda arahkan kursor ke kanan atas atau kanan bawah maka akan muncul semacam menu bar, menu tersebut terdiri dari search, share, start, devices, settings, dan hari, tanggal yang juga akan muncul dibawah taskbar.
  • Adanya penambahan Ribbon seperti Microsoft Office 2010 dalam Windows Explorer. 
Windows Explorer adalah salah satu mesin pencari yang ada di sistem Windows. Di windows 8 ini di tambahkan fitur Ribbon yang terbaru.
  • Adanya Internet Explorer 10.
Siapa yang tidak kenal Internet Explorer?  di Windows 8 sudah mempunyai internet explorer 10. Walau ini internet explorer jangan diremehkan terlebih dahulu ehehe, karena kecepatan akeses datanya tidak selama internet explorer yang sebelumnya.
  • Adanya aplikasi tambahan berupa Maps and Weather.
Tidak hanya Smartphone saja yang mempunyai GPS atau Maps, laptop anda juga bisa menggunakan Maps. Windows 8 sudah mempunyai fitur tambahan Maps yang dapat memberikan informasi layaknya GPS. Windows 8 juga mempunyai fitur Cuaca, jadi anda bisa melihat prediksi cuaca pada wilayah anda masing masing.
  • Memiliki Windows Defender yang Lebih Handal
Windows Defender yaitu Perangkat Lunak yang melindungi sistem operasi windows dari Perangkat Pengintai atau biasa di sebut (Spywere). Windows Defender di windows 8 memiliki protect yang lebih tebal dari yang sebelumnya, karena sudah di upgrade kelengkapan fitur dan pengamannya.

Dan masih banyak lagi keunggulan Windows 8 ini. Tetapi perubahan yang paling terlihat adalah apa yang sudah saya tulis di atas tadi.


Selain itu, Windows 8 juga mempunyai 2 dunia yang berbeda, Yaitu Modern UI ( User Interface) dan Deskop. Keduanya terpisah dan memiliki karakteristik yang masing-masing berbeda. Aplikasi Modern UI yang tapil pada start screen adalah aplikasi yang berjalan pada platform win RT dan bisa di dapatkan pada Windows Store.


Sedangkan Aplikasi-aplikasi yang berjalan pada platform Deskop adalah aplikasi yang juga bisa berjalan pada Windows versi sebelumnya, sehingga aplikasi ini sama halnya dengan aplikasi yang kita instal pada Windows versi sebelumnya.

6 comments for "7 KELEBIHAN WINDOWS 8 DIBANDING WINDOWS LAINNYA"

  1. Mau upgrade w8 . Tapi banyak problemnya di laptop saya karena driver ada yang compatible

    ReplyDelete
  2. wah dulu laptop ane win 8 trus up ke win 10 soalnya keliatan bagus. tapi ternyata win 8 jg ada kelebihan2 nya

    ReplyDelete
  3. tp knp yah, wins 8/8.1 kurang maksimal jk ram cm 2gb, agak lemot..?

    ReplyDelete
  4. wah bener nih, ini yang membuat ane bertahan tetep setia sama windows 8, padahal temen udh nyaranin buat upgrade windows

    ReplyDelete
  5. Saya suka tampilan dari Windows 8.1 gan... Looknya exclusive banget hee

    ReplyDelete
  6. menurut saya enak pake windows 7 karena lebih cepet

    ReplyDelete