Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Penting Memilih & Membeli Laptop Berkualitas Terbaik Sesuai Kebutuhan

tips membeli laptop sesuai kebutuhan




Dengan teknologi yang selalu berkembang terus menerus, membuat orang bingung bagaimana cara atau tips memilih serta membeli laptop kualitas terbaik sesuai kebutuhan masing-masing. Ya bagaimana tidak, perkembangan hardware dan software komputer saat ini memiliki kemajuan pesat, mulai dari prosessor, kartu grafis, display, dan lain-lain.


Saat ini Laptop telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi beberapa kalangan, mulai dari desainer, programer, pembisnis online, sampai kalangan pelajar atau mahasiswa. Oleh karena itu Laptop memiliki ke-fleksibelitas yang tinggi untuk mengerjakan tugas atau projek dimana saja dan kapan saja.


Untuk itu Masliv akan memberikan kisi-kisi dan tips bagaimana cara memilih laptop berkualitas yang cocok buat kamu agar laptop yang kamu beli cocok untuk kebutuhan kamu dan tentunya bisa tahan lama.


Tips Memilih Laptop Yang Berkualitas

Untuk memilih laptop yang berkualitas bagus, ada beberapa point yang harus kamu pertimbangkan untuk jadi bahan pilihan pada saat memilih dan membeli laptop, seperti :


1. Brand Laptop (Merek)


Brand? ada apa dengan brand? bukan kah itu semua tergantuk spesifikasi?. Oke hal yang pertama kita liat adalah brand atau merek laptop itu sendiri, karena brand bisa menjadi acuan atau patokan pada saat membeli sebuah laptop. Masing-masing brand mempunyai keunggulannya tersendiri, mulai dari performa yang diberikan dan inovasi yang diluncurkan, entah itu untuk kenyamanan si pengguna atau inovasi untuk memperbagus performa dari suatu laptop.


Setiap tahunnya Brand laptop mempunyai rank yang akan diumumkan. Untuk tahun 2017 ini pemimpin teratas saat ini dipegang oleh LENOVO, dari mana tahu? oke, dibawah ini adalah list rank best brands of 2017.



daftar laptop terbaik dan terburuk


Dilangsir dari laptopmag.com brand terbaik untuk tahun 2017 adalah lenovo, dengan berbagai macam pertimbagan yang ada. Bahan pertimbangan ini adalah tentang reviews, desain, support, inovasi, value & selection, dan warranty. Lenovo sukses di peringkat teratas dengan total nilai sebesar 90.


2. Desain Laptop



desain laptop, laptop hybrid

Desain sebuah laptop adalah salah satu point penting lainnya, karna suatu inovasi yang salalu dikeluarkan oleh masing-masing brand adalah "Desain". Desain tidak kalah penting dengan spesifikasi, karna spesifikasi yang bermutu tanpa desain yang berkualitas maka sebuah laptop akan biasa saja. 



Desain laptop pada saat ini sangat beragam, ada yang desainnya super tipis dan desain yang unik (hybrid). Untuk saat ini desain yang unggul di pasaran yaitu laptop bermodel 2-in-1/ hybrid. Dengan desain yang super slim dan layar yang bisa dibongkar pasang , dalam artian monitornya dan keyboardnya bisa di pisah, menjadikan laptop ini menjadi laptop favorit.



Karna Desain hybrid ini engselnya bisa memutar 360 derajat, kamu harus memerhatikan ketahanan engsel 360 derajat nya, karna ditakutkan engsel tersebut kurang kokoh. Tetapi dengan laptop yang super slim, laptop ini cocok untuk kebutuhan kerja ringan, dan cocok untuk kamu yang suka berpergian sambil mengerjakan tugas/projek. 



3. Daya Tahan Baterai



daya tahan baterai/ ketahanan baterai


Daya tahan baterai ini adalah point penting bagi kamu yang ingin membeli laptop. Karena jika kamu orang yang sering mengerjakan tugas/projek diluar rumah dan kamu salah membeli laptop dengan ukuran ketahanan baterai yang kurang, kamu akan rugi. Disisi ini, carilah laptop yang ketahanan baterainya maksimal antara 6-8 jam. 



Ketahanan sebuah baterai terkadang berbeda dengan prediksi awal saat membeli. Ada beberapa faktor Baterai bisa cepat habis, jika kamu hanya menggunakan untuk keperluan office, browsing, ataupun multimedia, baterai akan lebih awet dibandingkan pada saat proses gaming, editing, ataupun rendering.



Untuk mengetahui secara detail ketahanan baterainya kamu bisa liat review- review laptop dengan ketahanan baterai yang awet di internet. Jangan lupa cocokan juga dengan keperluan kamu.



4. Kualitas Layar Display



kualitas display

Jika kamu tipe orang yang suka dengan keindahan suatu gambar pada monitor, kamu harus memerhatikan kualitas display laptop yang ingin kamu beli. Jika kamu ingin membeli laptop dengan display kualitas terbaik, maka kamu harus sedikit mengeluarkan uang yang tinggi, Karena suatu barang yang bagus tentunya akan jauh lebih tinggi dari barang yang biasa saja.



Untuk menentukan bagus tidaknya suatu display, kamu bisa memerhatikan beberapa bagian seperti, jenis layar yang digunakan oleh laptop tersebut, resolusi layar, sudut pandang penglihatan, dan peraturan pencahayaan yang dipunyai laptop tersebut.



5. Konektivitas



kelengkapan konektivitas

Kelengkapan Konektivitas ini juga tak kalah pentingnya. Kebutuhan Konektivitas ini biasa dibutuhkan jika seseorang ingin menjalankan sebuah display tambahan, ataupun ke banyak output lainnya. Kelengkapan minimal jika kamu menginginkan kenyamanan serta banyak kegunaan dilaptop kamu yaitu :



  • Port USB
Port USB untuk laptop keluaran sekarang, sudah mempunyai 3 buah port USB, kenapa? agar kita dapat dengan mudah menghubungkan ke perangkat pendukung, seperti mouse, keyboard, flasdisk, modem, memori card dan lainnya. Jadi carilah yang mempunyai minimal 3 port USB.
  • Port HDMI/ VGA
Port HDMI? VGA ini berguna untuk menyambungkan laptop ke monitor tambahan ataupun output lainnya yang berkriteria display. Port ini sangat berguna buat kamu yang suka multitasking di rumah dengan 2 display.
  •  Port LAN
Port LAN berguna untuk Jaringan, Kamu bisa menggunakan Kabel LAN untuk bertukar file dari satu laptop ke laptop lain. Jadi jika laptop kamu tidak mempunyai koneksi LAN, mungkin kamu akan kesusahan.
  • SD Card
SD Card berguna untuk menaruh sebuah memory card, biasanya digunakan pada saat menukarkan file dari sebuah kamera ataupun perangkat lain.
  • Jack Audio
Jack audio memiliki 2 peran yaitu, untuk output suara dan input suara. Carilah  laptop yang memiliki 2 buah jack audio, untuk memudahkan kamu saat mendengar ataupun merekam suara.
  • WIFI
WIFI adalah kebutuhan penting untuk saat ini, Maka carilah Laptop yang sudah mempunyai konektivitas WIFI.

6. Spesifikasi


spesifikasi laptop yang mempuni



Spesifikasi suatu laptop itu sangat penting karena spesifikasi memenentukan seberapa bagusnya performa laptop kamu. Untuk memilih dan membeli laptop yang performanya powerfull kamu harus memperhatikan banyak hal, seperti processor, vga, ram, hardisk, OS (operation system), dan lain sebagainya. 


Lalu cara memilihnya bagaimana? Oke misalkan kamu orang yang kurang mengikuti perkembangan teknologi komputer tenang saja, disini akan membahas kisi-kisi nya. Pertama, sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kenali terlebih dahulu apa kebutuhan yang kamu perlukan, jika kamu hanya memerlukan untuk kebutuhan kantor tetapi membutuhkan proses multitasking yang oke, sebaiknya kamu memilih laptop dengan processor yang setara dengan processor intel i3, dan ram setidaknya 4 GB.VGA (kartu grafis) yang standar seperti intel HD graphic, dan ruang penyimpanan yang besar 500 GB , karna lebih memudahkan kita pada saat menyimpan berbagai dokumen.


Jika kamu memerlukan Laptop untuk keperluan proses yang tinggi seperti Gaming dan Editing. Kamu perlu Processor high class seperti intel core i5 dan i7 , atau ryzen 5 dan 7, tetapi jika kamu kurang dana kamu bisa memilih minimal intel core i3. Untuk VGA (kartu Grafis) sebaikanya kamu memilih NVIDIA atau AMD, sesuai selera kamu. Dan ruang penyimpanan nya kamu bisa cari hardisk minimal 500GB, karna jika kamu seorang gamer dan editor, kamu memerlukan ruang penyimpanan yang sangat besar untuk menaruh file-file kamu. Dan RAM yang dibutuhkan setidaknya 4 GB.


Hal lain adalah OS (operation system). Untuk OS kamu bebas memilihnya, tetapi jika kamu ingin performa laptop kamu makin powerfull, pilihlah OS yang paling Update seperti Windows 10. Kelebihan Win10 yaitu tampilah yang diberikan sangat enak dilihat dan tidak terlalu membebani Laptop, dan proses Transfer file yang sangat cepat. Kamu bisa juga coba OS lainnya seperti Win 8 dan Win 7.

Untuk itu kamu perlu memerhatikan betul, agar pada saat kamu membeli laptop, kamu tidak menyesal karena salah membeli.


7. Bisa diUpgrade 


upgradeble


Peningkatan Hardware saat ini memang lagi trend tetapi bukan hanya trend semata, melainkan trend kebutuhan. Apa maksudnya? Kebutuhan manusia setiap saat akan bertambah, inilah yang menyebabkan peningkatan kinerja dilakukan. 


Maka dari itu kamu harus memilih dan membeli laptop yang mempunyai kelebihan upgradable. Laptop tersebut bisa diUpgrade secara manual dari segi spesifikasinya. Kamu bisa menambahkan RAM tambahan dan Hardisk tambahan, Fungsi nya untuk meningkatkan performa laptop kamu lewat peningkatan spesifikasi untuk laptop yang makin powerfull. Jadi pilihlah laptop yang setidaknya mempunyai 2 buah slot RAM dan Hardsik yang bisa di ganti.


8. GARANSI


bergaransi resmi


Garansi adalah Hal penting paling terakhir, karen garansi bisa menyelamatkan laptop yang rusak. Kamu harus memerhartikan dengan baik pada saat kamu membeli laptop. Carilah laptop yang bergaransi lama, salah satu brand ternama yaitu ASUS, mereka berani menawarkan garansi selama 2 tahun. Jangan lupa kamu cek terlebih dahulu  lokasi service center nya. Apakah tersedia di kota kamu.


Oke sobat, itulah Tips Penting Memilih & Membeli Laptop Berkualitas Terbaik Sesuai Kebutuhan. Jadi belilah laptop yang benar-benar kamu butuhkan, apakah kamu butuh laptop dengan desain hybrid atau kamu suka dengan inovasi ataupun kamu suka dengan brand tertentu?, semua kembali pada kebutuhan dan selera kamu. Semoga artikel ini bermanfat dan dapat membantu atas masalah kamu. Terimakasih....

2 comments for "8 Tips Penting Memilih & Membeli Laptop Berkualitas Terbaik Sesuai Kebutuhan"

  1. Fabulous post, you have denoted out some fantastic points, I likewise think this s a very wonderful website. I will visit again for more quality contents and also, recommend this site to all. Thanks. laptop under 100

    ReplyDelete
  2. This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. best developer laptop

    ReplyDelete