Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Long Shadow Dengan Adobe illustrator

cara membuat desain long shadow pada adobe illustrator

Yo heloo bree apa kabar :D Kali ini saya akan memberikan tutorial long shadow menggunakan Adobe ilustrator. Sebelumnya mungkin anda pernah melihat beberapa Desain logo/ tulisan yang menggunakan style Long Shadow oke langsung saja ke tutornya. Harap simak baik baik ya agar mudah untuk di mengerti saat di praktekan.


Step pertama anda buka dulu adobe ilustratornya, dan buat "new document" , Lalu pastikan "Units" nya jadi "Pixel". Sesuaikan juga Ukuran kanvas sesuai dengan kebutuhn anda. Di sini saya memaki 1500 x 800 px, Lalu jika sudah Klik "OK"





Setelah itu nanti terlihat Ukuran kanvasnya, awal kita membuat backgroud terlebih dahulu, setelah itu klik "Rectangle tool" (lihat nomer 1), Setelah itu serat dari ujung atas ke ujung bawah(lihat nomer 2). Setelah itu hilangkan outlinenya(lihat nomer3), tinggal klik saja kotak nya lalu klik kotak bergaris merah.




Supaya mudah, anda sebaiknya membuat layer baru(lihat nomer 1). Nah baru anda membuat text di layer baru tersebut(lihat nomer 2). Dan pastikan textnya berada di tengah kanvas.




Setelah itu copy text ayer menjadi 3. tekan saja "CTRL + C"  dan mengcopynya tekan "CTRL + V" 



 Dan jangan lupa klik gambar mata(lihat nomer1) pada text yang pertama, dan aktifakan kedua text layer dengan menggunakan "Shift+klik kiri" yang berada di gambar, dan bah waranya menjadi hitam atau yang lainnya.



Lanjut ke step selanjutnya, perhatikan nomor 1, aktifkan text layer yang ke 2 (hanya 1 saja yang di aktifkan). lalu seret textnya ke bawah sebelah kanan. Jika anda ingin membuat bayangan ke atas silahkan seret textnya ke atas, jadi textnya yang ke 2 itu menentukan kemana arah bayangannya.




setelah itu aktifkan kembali kedua text layer tekan "Shift+klik kiri", lalu klik "blend tool" lalu ubah spacing menjadi "Specified Distance" . Lalu Ubah Oriantation menjadi yang sebelah kanan (lihat Nomer 4)




Selanjutnya klik menu "Object" lalu pilih "Bland" lalu klik "make" (lihat panah)



Setelah itu Klik gambar matadi text layer 1. Selanjutnya turunkan Opacitynya menjadi 20% (panah nomer2).




Nah sudah jadi, tetapi untuk meng crop bayangan yang terlewat dari kanvas, anda klik "rectangle tool" sama seperti halnya membuat background awal, anda seret samping kiri atas sampai ke kanan bawah. setelah itu klik menu " Object" lalu klik "Cliping Mask" lalu klik "Make".



Dan Selesai, hasilnya seperti gambar di bawah ini. Jadi lebih rapih kan. hehehe



Mungkin segitu dulu tutorial yang saya buat, lanjut lagi di Next Post ya :D. Dan jika anda bingung, saya sudah sediakan tutorial berupa video :

Silahkan Cek >>  Disini <<

4 comments for "Tutorial Long Shadow Dengan Adobe illustrator"

  1. Hey Alif Nur Khafif,
    I have gone through your instructions and find them really helpful. I will surely recommend this to all my fellows. Great work mate...
    Keep it up.

    ReplyDelete
  2. Thank you again for all the knowledge you distribute,Good post. I was very interested in the article, it's quite inspiring I should admit. I like visiting you site since I always come across interesting articles like this one.Great Job, I greatly appreciate that.Do Keep sharing! Regards, illustrator

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome sir. Big Thanks for visit :)

      Delete